Keuntungan dan Ciri dari Kelas Karyawan

Diposting pada

Bagi sebagian orang, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang sulit. Salah satu alasan utamanya karena masalah finansial. Meskipun saat ini sudah banyak penawaran beasiswa, tidak semua orang juga bisa mendapatkan beasiswa karena ada salah satu persyaratan yang mengharuskan penerima beasiswa itu harus berprestasi.

Dengan alasan ini, pada akhirnya tidak sedikit yang memutuskan untuk lebih memilih bekerja. Akan tetapi, pekerjaan yang bisa dipilih itu terbatas dan pengembangan karirnya tidak bisa signifikan. Pada akhirnya, tetap saja pendidikan ke jenjang lebih tinggi diperlukan supaya karir berkembang. Dan saat ini tidak ada hal yang mustahil karena para pekerja pun masih dapat berkuliah dengan mengambil kelas khusus.

Kelas khusus yang disediakan untuk para pekerja ini disebut dengan kelas karyawan. Memang tidak semua kampus menyediakan namun hampir di semua daerah ada kampus yang menyediakan kelas khusus untuk para pekerja di samping kelas reguler. Kelas untuk karyawan tidak sekaku kelas reguler karena memang dikhususkan untuk para pekerja. Berikut adalah keuntungan sekaligus ciri khas kelas untuk karyawan.

Waktu Perkuliahan Bisa Disesuaikan

Seorang karyawan atau pekerja tidak masuk perkuliahan sebagaimana mahasiswa pada umumnya. Oleh karenanya, waktu perkuliahan bisa disesuaikan dengan jadwal kerja mahasiswa tersebut. Beberapa kampus membuat jadwal perkuliahan di akhir minggu. Namun banyak juga yang membuat jadwal di kelas sore bahkan kelas malam setelah para mahasiswa selesai dengan jam kerja.

Satu lagi hal yang berbeda waktu pengaturannya, yaitu mengenai jumlah hari efektif kelas karyawan. Waktu efektif perkuliahan tidak lima hari dalam seminggu. Biasanya kurang dari 5 hari. Kembali lagi, disesuaikan dengan jadwal mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang diajarkan. Adanya penyesuaian ini dimaksudkan supaya tidak ada bentrokan waktu dan jadwal kerja dengan jadwal kuliah.

Materi Perkuliahan Disesuaikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Dengan waktu perkuliahan yang disesuaikan tentunya materi perkuliahan pun ikut disesuaikan. Biasanya, materi yang disampaikan langsung pada materi yang dibutuhkan di dunia kerja. Beberapa materi perkuliahan yang umum ditemukan di kelas untuk karyawan adalah jurusan manajemen, teknik, ekonomi serta berbagai jurusan yang memiliki keterkaitan dengan ilmu terapan atau ilmu praktis.

Waktu Studi yang Disesuaikan, Biasanya Lebih Singkat

Berapa lama yang dibutuhkan seseorang untuk menyelesaikan perkuliahan untuk mendapatkan gelar S1? Rata-rata waktu normal bagi seseorang untuk lulus dan mendapatkan gelar S1 adalah 4 tahun. Akan tetapi, jika mengejar kebutuhan para karyawan yang membutuhkan ijazah pendidikan dengan cepat demi kenaikan pangkat atau jenjang karir, waktu seperti itu cenderung lama.

Oleh karenanya, jenjang pendidikan atau waktu studi yang disediakan oleh kelas karyawan cenderung lebih singkat. Banyak kampus yang menawarkan studi dalam waktu 3 tahun. Tentunya ada beberapa syarat tertentu juga untuk bisa menyelesaikan pendidikan dalam waktu lebih singkat. Setidaknya, mahasiswa di kelas tersebut pernah mengenyam pendidikan diploma atau S1 namun belum selesai dan tidak DO.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengikuti kelas khusus seperti ini namun tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kampus kini tidak perlu bersusah payah. Cukup buka saya situs goKampus.com, sebuah situs yang bisa menjadi jembatan penghubung bagi para mahasiswa yang ingin bisa tetap kuliah meskipun sudah atau sedang bekerja.

Melalui situs ini Anda hanya perlu membeli dan mengisi satu formulir saja dan bisa didaftarkan ke berbagai universitas dan kampus yang sudah bekerja sama dengan goKampus. Bukan hanya kelas di dalam negeri saja, sekalipun Anda ingin mencoba kelas karyawan di luar negeri akan dijembatani oleh situs ini. Anda berani coba? Langsung saja kunjungi situsnya dan lakukan pendaftaran.