Fitur Didalam Sistem Operasi Android 11

Diposting pada

Berbicara mengenai sistem operasi Android, kini telah hadir inovasi baru yaitu Android 11 yang akan segera meluncur menyapa para pecinta gadget. Tentu saja, akan sangat terasa berbeda antara produk iPhone dengan sistem  ini. Bahkan, ada banyak fitur di dalam sistem operasi Android 11 ini.

Fitur Didalam Sistem Operasi Android 11

Sebelum mengumumkan peresmiannya, pihak google membocorkan sedikit informasinya mengenai sistem operasi Android 11 yang menurut informasi mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan Android dari iPhone, sistemnya sangat banyak dan selalu ada peningkatan.

Mengakses Lokasi di Background Semakin Diperketat

Salah satu bocoran informasi mengenai sistem operasi Android 11, yaitu akses lokasi di background akan diperketat lagi. Pihak google akan memperhatikan masalah privasi pengguna smartphone jauh lebih ketat dari sebelumnya. Google memperketat masalah perizinan akses yang sedang berjalan di latar belakang.

Alasannya cukup simpel, ini karena banyak sekali aplikasi yang memerlukan akses lokasi para pengguna smartphone yang biasanya berjalan di latar belakang. Padahal, tanpa adanya akses tersebut aplikasi dapat berjalan seperti pada umumnya. Google akan mengotorisasi aplikasi manual.

Kamera dan Mikrofon Aktif Saat Aplikasi Digunakan Saja

Di sistem operasi Android 10 sebelumnya, google memang telah membatasi akses terhadap aplikasi yang biasanya meminta izin akses lokasi. Namun, bukan yang berjalan di background atau latar belakang. Nah, nanti di versi Android ke 11 google akan lebih memperketat akses tersebut secara manual.

Jadi, fitur dari google nanti akan memperketat keamanan atau privasi pengguna terhadap aplikasi di latar belakang. Salah satunya adalah dengan penggunaan kamera dan juga mikrofon. Google juga akan membatasi aksesnya. Dengan begitu, kamera serta mikrofonnya hanya aktif ketika aplikasi buka.

Gelembung Notifikasi

Kemudian, fitur gelembung notifikasi yang sudah ada sejak tahun lalu dan sempat menjadi trend pada sistem operasi Android 10. Kini akan diubah, jadi konsepnya akan menyerupai seperti pesan pop up yang nantinya dapat membuat pengguna membalas pesan lebih cepat.

Pengguna dapat mengetuk gelembung notifikasinya, baik untuk membuka aplikasi terkait serta mengetuknya lagi untuk mengecilkan pop up (minimize). Meskipun bukan fitur baru, google ingin menjadikan fitur ini sebagai salah satu fitur bawaan.

Itulah penjelasan secara singkat dari fitur di dalam sistem operasi Android. Dengan adanya pembahasan mengenai fitur di Android, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli smartphone tersebut.

 

Sumber : cekiphone.com