Cara Menyimpan Makanan agar Tidak Cepat Basi

Diposting pada

Sering mengalami makanan yang cepat basi? Coba simak artikel ini sampai tuntas deh!

Kulkas seolah menjadi penyelamat pertama ketika kita ingin menyimpan makanan dan minuman. Kadang juga walaupun sudah dimasukkan ke dalam kulkas, makanan masih bisa busuk. Dan akhirnya menyalahkan kulkas dengan alasan “ih kulkasnya sudah rusak nih”, faktanya ternyata kamu salah cara menyimpannya.

Nah supaya makanan tetap bisa bertahan lama sehingga bisa dinikmati kembali, coba tips rekomendasi dari madureh.com di bawah ini yuk!

Big No! Jangan Mencuci Buah-buahan Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Beberapa orang mengatakan “ih buahnya kok nggak dicuci dulu sebelum masuk kulkas?”

Padahal buah-buahan akan bertahan lama jika disimpan dalam kulkas tanpa dicuci terlebih dahulu. Buah nggak memerlukan kelembaban yang tinggi, jadi big no kalau mau mencuci dahulu sebelum dimasukkan ke kulkas.

Bahkan beberapa jenis buah-buahan, misalnya pisang, alpukat, melon, dan jeruk, justru nggak akan bertahan lama kalau di masukkan dalam kulkas. Cukup simpan mereka dalam suhu ruangan dan udara terbuka.

Sebaiknya maksimal menyimpan buah dalam kulkas maksimal 1-2 minggu saja ya!

Berbeda dengan Buah, Cuci Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Tips kedua dari madureh.com adalah mencuci sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Mencuci sayuran dapat mengurangi bakteri yang dapat menyebabkan sayuran cepat layu. Jangan lupa lap dengan tisu atau keringkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kulkas. Kemudian setelah kering sebaiknya dibungkus plastik/kertas.

Oh iya, jauhkan sayuran dari bawang-bawangan, sebab bawang mengeluarkan gas yang dapat menyebabkan kekuningan. Pisahkan juga dari buah-buahan. Kamu dapat menyimpan sayuran maksimal 2-3 hari.

Simpan Telur dengan Meletakkan Bagian Ujung Kecil di Bagian Bawah

Siapa yang hobi simpan telur dalam kulkas tetapi bingung kenapa cepat busuk? Jangan khawatir, madureh.com akan kasih tips buat kamu.

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu. Proses mencuci ini akan menghilangkan kotoran yang menempel di cangkang telur. Setelah itu simpan telur di rak telur dengan meletakkan ujung kecil di bagian bawah. Tips ini akan mengurangi resiko udara yang ada di atas untuk menekan telur, sehingga telur nggak mudah pecah. Maksimal penyimpanan telur adalah 3-5 minggu.

Pastikan Produk Susu tau Dairy ditempatkan di Kulkas

Ternyata bakteri yang ada di susu nggak selamanya baik loh! Kamu perlu proses penyimpanan yang tepat supaya nggak makin berkembang biak bakterinya.

Tipsnya adalah menyimpan produk susu di botol plastik daripada karton. Botol plastik dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kalau kamu tetap ingin menyimpannya dalam karton, maksimal penyimpanan adalah 7-10 hari saja.

Untuk produk seperti yogurt ataupun keju yang sudah dikonsumsi sebaiknya tidak diletakkan di tempat sebelumnya. Letakkan yogurt atau keju di mangkuk atau piring terbuka dan ditutup dengan plastik.

Pastikan Kamu Menyimpan Daging dengan Menggunakan Plastik Pembungkus

Untuk menyimpan daging biarkan dia dalam pembungkus aslinya, sebab melepas pembungkus meningkatkan resiko terpapar bakteri. Tetapi jika tidak ada tempat pembungkusnya, kamu bisa memberikan alas berupa piring, sehingga cairan daging tidak menetesi makanan di bawahnya.

Bungkus Rapat Kacang-kacangan Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Tips menyimpan kacang-kacangan dari madureh.com adalah dengan membungkusnya pada toples secara rapat. Cara ini membuat kacang tetap renyah meskipun disimpan dalam kulkas untuk 3-5 hari ke depan.

Itu dia 6 tips menyimpan makanan, ulasan menarik lainnya bisa kamu lihat disini. Jangan lupa dipraktekkan ya!